Rabu, 02 Maret 2011

Taman Pintar di Kota Pelajar

Siang itu saya hanya lewat malioboro tanpa singgah, kemudian diujung jalan saya belok ke kiri, sekitar 200 meter saya memarkir kendaraan saya. Taman Pintar yang saya tuju siang itu. Terletak di Jl.Panembahan Senopati 1-3 Yogyakarta, taman pintar pada mulanya adalah kawasan shoping center, tempat jual-beli buku murah di kota yogyakarta. Taman pintar sudah dibuka sejak tahun 2007 dan diresmikan pada tahun 2008. Bangunan Taman Pintar ini dibangun di eks kawasan Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung.


Dibagian depan, terdapat playground yang menjadi surga bagi anak-anak, karena banyak sekali permainan yang bisa dijajal. Untuk sekedar bermain di playground tidak dipungut biaya alias gratis, namun untuk masuk kedalam gedung dikenakan biaya Rp15.000. untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak dikenakan biaya masuk Rp8000, untuk usia 2-7 tahun hanya Rp2000. 
Playground Taman Pintar
Terdapat 4 gedung yang menyajikan informasi sejarah dan teknologi yang bisa diperagakan secara langsung. Gedung memorabilia, didalamnya terdapat sejumlah informasi sejarah yang disajikan secara interaktif, diantaranya sejarah keraton jogja, profil pahlawan Indonesia, sejarah kemerdekaan, dan profil presiden Indonesia. Keluar gedung memorabilia langsung terintegrasi dengan gedung ouval-kotak yang didalamnya terdapat berbagai macam wahana dan peralatan peraga berbasis edukasi sains yang menyenangkan dan dapat diperagakan oleh pengunjung. Dilantai tiga terdapat teater 4 dimensi yang menampilkan film-film edukasi berdurasi 30 menit. Kemudian ada gedung PAUD barat dan timur yang menyediakan peralatan peraga dan permainan edukasi bagi anak-anak, khususnya usia 2 - 7 tahun.


Galery Foto Sejarah Keraton
Alat Peraga Fisika
Kaca Listrik
Di setiap gedung memiliki desain interior yang sedap dipandang, salah satunya yang saya suka adalah saat di gedung ouval, pada gedung ini didesain melingkar, kemudian terdapat jalan menanjak yang melingkar didalam gedung untuk menuju lantai 2 dan tiga, disisi dinding dipajang profil-profil ilmuwan, mulai dari enstein sampai stephen hawkings. Di langit-langitnya terdapat miniatur gugusan halaksi bimasakti yang memperindah bagian dalam gedung. Disini juga terdapat wahana-wahana berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia, yang didalamnya ditampilkan miniatur pabrik atau industri, serta peragaan produk yang dapat dimainkan.


Miniatur Galaksi Bimasakti di Langit-langit


Bagian Tengah Gedung
Banyak spot foto di taman pintar, maka siapkan kamera jika berkunjung disini. Ajaklah anak-anak untuk mengekslporasi secara langsung dunia sains dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar